Blogger templates

Home » » ARSITEKTUR KOMPUTER DAN INPUT OUTPUT DEVICE

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN INPUT OUTPUT DEVICE

Written By Unknown on Minggu, 17 Februari 2013 | 11.53




ARSITEKTUR KOMPUTER DAN INPUT OUTPUT DEVICE

asal katanya "to compute" komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi fungsinya sudah mengalami perluasan seiring dengan meningkatnya kebutuhan kerja akan komputer.
Secara sederhana Arsitektur sebuah komputer terdiri dari:
1.
Input device
2.
Output device
3.
I/O ports
4.
Central processing unit (CPU)
5.
Memori
6.
Data bus
7.
Addres bus
8.
Control bus
put Device
Input device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

Keyboard
Keyboard digunakan untuk memberikan masukan (input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada keyboard.
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse" dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Scanner
Scanner digunakan untuk melakukan proses scanning dari suatu gambar, dimana hasil dari proses ini akan disimpan pada komputer sehingga dapat diolah lebih lanjut sesuai dengan keinginan kita. Scanner ini sangat berguna dalam proses design yang memerlukan banyak gambar untuk kemudian diolah sesuai dengan kepentingan design.





Kamera digital
Kamera digital adalah peranti yang menangkap gambar secara elektronis, dan menyimpannya dalam memori bukan di atas film.
Output device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer
Monitor
Teknologi monitor:
1. CRT (Cathode Rays Tube) dan Istilah pada CRT:
  • Raster: pancaran elektron menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang sama.
  • Intensitas: tingkat pencahayaan; intensitas tinggi => cahaya terang.
  • Refresh rate (vertical scan rate): jumlah penggambaran ulang atau penyegaran (refresh) layar atau jumlah penyapuan layar dalam satu detik. Ukurannya dalam Hertz (Hz). Misal: 70 Hz, layar disegarkan kembali sebanyak 70 kali per detik.
  • Flicker: kedipan pada layar monitor bila refresh rate-nya lambat; karena fosfor yang ditembakkan oleh senapan elektron CRT kehilangan kependarannya sebelum senapan elektron bisa menyegarkannya
  • Dot Pitch. Jarak antara dua dot fosfor pada warna yang sama. Layar dengan dot pitch yang lebih kecil memiliki jarak lebih pendek antara fosfor-fosfornya. Akibatnya elemen-elemen gambar terletak lebih dekat, menghasilkan gambar yang lebih tajam. Kebanyakan monitor memiliki 0,31 - 0,25 mm, semakin kecil semakin baik. Misal: resolusi 1024 x 768 dengan dot pitch 0,25-0,26 mm merupakan pilihan yang ideal.
  • Interlacing. Dalam mode interlaced (terjalin), pancaran elektron menyapu layar dari atas ke bawah dalam dua lintasan. Pertama, menyapu baris-baris ganjil dan kedua, menyapu baris-baris genap. Setiap lintasan membutuhkan waktu setengah dari lintasan penuh dalam mode konvensional (noninterlaced = tidak terjalin). Karena itu, kedua mode menyegarkan seluruh layar dalam.
. LCD (Liquid Crystal Display)
Kebanyakan kristal cair merupakan bahan organik yang terdiri atas molekul-molekul berbentuk pipa. Akibat sifat alami yang di milikinya, molekul-molekul ini mampu menata dirinya membentuk susunan paralel. Susunan molekul ini dapat diatur dengan mengalirkan kristal cair ke permukaan yang diberi alur-alur. Susunan molekul akan mengikuti alur-alur ini, sehingga jika alurnya dibuat paralel, susunan molekul kristal cair juga akan paralel. Prinsip pertama LCD adalah dengan menempatkan kristal cair di antara dua permu-kaan yang diberi alur halus.
Printer
Jenisprinter:
dot-matrix, inkjet dan laser
Teknologi dot-matrix:
  • kerapatan: 9 dpi dan 24 dpi,
  • monokrom dan warna,
  • kecepatan cetak: satu lembar setiap tiga menit.
Teknologi inkjet:
  • resolusi: 360 x 360, 600 x 600, dst.,
  • monokrom dan warna,
  • kecepatan cetak: 2 ppm, 3-5 ppm, 8 ppm, 12-16 ppm, dst.
I/O Ports
I/O adalah Input/Output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem

· Port Paralel dan Serial
Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, pada motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan peripheral tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lain yang dapat dihubungkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX
Universal Serial Bus (USB)
Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik. Universal Serial Bus (USB). Lebih cepat, lebih kuat dan dan lebih fleksibel serta benar-benar berazaskan Plug and Play bukan lagi Plug and Pray. Bahkan USB versi 2.0 yang baru saja dikeluarkan mampu memberikan tingkat kinerja dan kecepatan yang sebanding dengan bus kecepatan-tinggi semacam IEEE 1394. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang USB:
  • Lebih cepat dibanding port paralel atau serial dengan kecepatan transfer hingga 12 mbps
  • Dapat mengkoneksikan hingga 127 periferal
  • Diterima secara luas
  • Tidak cocok untuk periferal dengan bandwith tinggi
  • Membutuhkan Windows 98 ke atas untuk kompatibilitas secara penuh.
  • Sumber: Al3ridho.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Anda yang merasa blog nue bermanfaat mari likes dan jadi member :)

Channel Youtube : Kepo Media

Kepo Media. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About

Like dan Follow Anda Sangat Membantu Blog Ini ^_^

×

Recent Comments

Blogger news